Bahaya AC bagi Lingkungan Kita

Saat ini bumi memang sedang diserang dengan pemanasan global. Karena pemanasan global, kita sering sekali mendapati cuaca yang tidak dapat diprediksi. Kita juga merasakan hawa yang sangat panas pada siang bahkan malam hari.Oleh karena itu banyak sekali orang yang memilih menggunakan AC untuk membantu mendingingkan ruangan agar ruangan menjadi lebih nyaman. Saat ini gedung-gedung perkantoran juga dilengkapi dengan AC yang berjumlah sangat banyak. Bahkan rumah tempat tinggal juga telah menggunakan AC karena mereka sering merasa kegerahan.

AC untuk orang di perkotaan memang bukan barang yang mahal lagi.Oleh karena itu mereka rela mengeluarkan uang untuk membeli AC. Tapi tahukah anda bahwa AC adalah salah satu pendukung pemanasan global di bumi kita tercinta ini? Ada banyak bahaya dari pemakaian AC yang patut anda ketahui terlebih dahulu. Selain bisa mendinginkan ruangan, Ac bisa digunakan dengan sangat mudah dan dapat dipasang ditempat manapun. Ada banyak jenis AC yang bisa anda beli saat ini. Lalu apa yang membuat AC berbahaya?

Kandungan Berbahaya dalam AC.

Setiap hari banyak sekali jumlah AC yang diproduksi. Kita tentu juga tahu setiap harinya banyak sekali orang yang membeli AC. Dalam pembuatan satu AC,akan dipergunakan satu Freon. Freon adalah salah satu bahan kimia yang juga sering disebut sebagai CFC. Bahan ini memang sering digunakan untuk pendinginan dan anda bisa menemukan Freon di kulkas anda juga. Freon ini bisa bersifat beracun dan bisa menyebabkan kematian. Saat ini Freon disebut sebagai salah satu penyebab dari global warming. Dengan adanya global warming, suhu pada bumi akan semakin meningkat dan akhirnya es di kutub akan mencair. Jika sudah begini, tentu akan banyak sekali bencana yang akan terjadi di bumi kita ini. Selain berbahaya bagi lingkungan dan bumi, ternyata AC juga tidak baik untuk kesehatan kita. Apa yang menyebabkan Ac berbahaya bagi tubuh kita?

Akibat Buruk AC bagi Kesehatan.

Efek buruk dari AC yang pertama adalah kemungkinan keracunan CFC yang ada dalam AC. Jika anda mengalami susah bernafas, sakit tenggorokan, rasa seperti terbakar pada mata, hidung, lidah dan kerongkongan, anda mungkin telah keracunan Freon dari AC anda. Efek kedua yang mungkin terjadi karena pemasangan AC di rumah anda adalah masalah jantung. Jika penggunaan AC berlebihan maka akan muncul akibat serius pada jantung anda. Freon akan memberikan racun pada jantung kita dan jika jantung kita terganggu akan banyak masalah atau penyakit lain yang juga akan muncul seperti tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.

Efek buruk dari AC lainnya adalah kematian, Banyak orang yang dkabarkan telah mati diruangan dengan pendingin udara. Ini akan berpotensi menghentikan detak jantung. Jika anda menyalakan AC di mobil anda, sebaiknya anda membuka jendela sedikit agar ada udara yang masuk dalam mobil. Sebaiknya anda selalu bijaksana dalam memakai AC karena sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan anda.

Apa yang harus anda lakukan untuk mengurangi pemanasan global? Anda tidak perlu menggunakan AC. Gunakan kipas angin atau buka jendela yang ada diruangan anda agar udara bisa masuk dengan leluasa dan ruangan menjadi lebih dingin. Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit jika anda tidak menggunakan AC. Jika tingkat permintaan akan AC semakin menurun maka, tingkat penyebaran racun Freon di bumi juga berkurang. Jika anda terpaksa menggunakan AC dalam ruangan kantor anda, sebaiknya anda tidak menggunakan secara berlebihan. Batasi waktu penggunaan AC dalam ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>