Kerugian Besar Akibat Pencemaran

Salah satu masalah paling pelik dan merugikan umat manusia di masa yang modern ini adalah kerusakan dan pencemaran lingkungan yang terjadi. Tidak hanya membuat kesehatan manusia menjadi terganggu, kerusakan dan pencemaran juga dapat meningkatkan resiko terjadinya bencana alam.

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk bisa mencari cara untuk menanggulangi berbagai pencemaran yang ada saat ini. Ada banyak konsekuensi yang harus dirasakan oleh manusia karena kerusakan lingkungan yang terus menerus ini. Pencemaran ini tidak hanya memengaruhi manusia, beragam fauna dan flora yang hidup di muka bumi juga akan mengalami kerugian dan efek buruk karena pencemaran ini.

Terjadinya hujan asam menjadi salah satu konsekuensi yang harus ditanggung akibat tingginya emisi karbon yang berbahaya. Saat hujan asam ini meresap ke dalam tanah, tingkat kesuburan dari tanah akan berkurang. Kesuburan tanah yang berkurang akan membuat nutrisi pertumbuhan tanaman menjadi berkurang.

Sinar ultraviolet yang memancar dari matahari menjadi konsekuensi lain yang harus dirasakan. Lapisan ozon yang merupakan pelindung bumi dari sinar ini sedikit demi sedikit terus menipis akibat pencemaran yang terjadi di bumi.

Pada daerah laut, pencemaran yang terjadi membuat proses fotosintesis tanaman laut menjadi terganggu. Ikan dan makhluk hidup lain sangat membutuhkan tanaman air untuk dikonsumsi. Karena itulah saat tumbuhan air tidak dapat tumbuh dengan baik, keseimbangan ekosistem yang ada di dalam laut juga akan terganggu.

Bahan – bahan kimia yang banyak mencemari tanah juga membuat metabolisme tumbuhan berubah dan dapat merusak tumbuhan tersebut. Ini menyebabkan hasil panen menjadi berkurang.

Langkah tepat atasi pencemaran.

Berbagai macam kerugian dan konsekuensi yang harus dihadapi karena pencemaran diatas membuat banyak pihak merasa perlu untuk melakukan tindakan – tindakan yang akan bisa membantu mengatasi masalah pencemaran yang telah menjadi masalah global ini.

Membuang sampah pada tempat yang seharusnya menjadi hal pertama yang dapat dilakukan oleh setiap individu. Langkah sederhana ini akan sangat bermanfaat untuk mengatasi pencemaran yang terjadi saat ini. Perilaku membuang sampah pada tempatnya akan membuat anda mampu mencegah terjadinya banjir akibat sampah yang menumpuk di sungai.

Penggunaan plastik yang berlebihan juga bukan merupakan hal yang baik. Karena itulah untuk mencegah pencemaran anda harus meminimalisir dan menghindari penggunaan plastik. Anda dapat membiasakan diri membawa tas belanja sendiri agar penggunaan tas plastik belanja dapat dikurangi.

Gerakan menanam pohon untuk reboisasi dan penghijauan akan membuat masalah penggundulan hutan menjadi teratasi. Hutan yang gundul dan terbakar memang menjadi resiko berbagai macam bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Beralih menggunakan kendaraan umum dan masal akan menjadi langkah penanganan yang lainnya. Emisi karbon dari kendaraan pribadi yang berbahan bakar fosil akan bisa dikurangi dengan cara ini.

Penanganan yang tepat untuk hasil terbaik.

Agar setiap langkah penanganan yang dijelaskan sebelumnya dapat bermanfaat dan efektif, setiap individu harus mulai memikirkan dan melakukannya. Segala sesuatu akan sangat berarti walaupun hanya sedikit. Sedikit – sedikit akan bisa menjadi bukit.

Sangat mungkin jika anda mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dan berbagai langkah penanganan yang dijelaskan, bumi akan menjadi lebih nyaman untuk dihuni. Pencemaran yang terjadi juga akan bisa berkurang dan mungkin saja menjadi hilang.

Peran serta dari elemen akan bisa menjadi hal yang berarti untuk langkah penanganan ini. Planet bumi yang tercinta ini akan bisa tetap indah dan lestari dengan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>