Mencegah Terjadinya Pencemaran Lingkungan

Macam-macam Pencemaran Lingkungan.

Lingkungan hidup merupakan salah satu sumber daya alam yang paling dekat dengan kita sebagai manusia, lingkungan juga berperan penting dengan keberlangsungan hidup manusia. Kita sebagai manusia sudah barang tentu sangat bergantung terhadap lingkungan, semua hal yang kita lakukan selalu menggunakan perantara lingkungan.

Lingkungan hidup yang sering manusia gunakan meliputi tanah, air, dan udara. Tiga macam jenis lingkungan ini sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari, contoh: kita hidup pasti membutuhkan tanah sebagai tempat tinggal, sebagai tempat kita hidup.

Dan begitu juga halnya dengan air dan udara, kita tak pernah bisa bertahan hidup tanpa adanya 3 jenis elemen ini yang merupakan bagian dari lingkungan hidup kita.

Dengan demikian maka sudah sepatutnya kita menjaga tiga elemen penting lingkungan ini agar kita bisa tetap bertahan hidup. Namun ironisnya, kini hampir semua ketiga jenis lingkungan hidup itu sudah mengalami kerusakan, dan sudah terjadi pencemaran terhadap lingkungan tersebut. Pencemaran apa saja yang sudah terjadi? Dan berikut ini macam-macam pencemaran yang terjadi terhadap lingkungan hidup kita :

1. Pencemaran Tanah.

Kita tahu bahwa tanah merupakan lingkungan hidup paling utama dalam kehidupan kita saat ini dan kini tanah juga menjadi korban pencemaran, dalam arti kata tanah sudah tidak sehat lagi seperti sedia kala.

Dan apa-apa saja yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah itu, diantaranya disebabkan oleh banyaknya limbah pabrik, limbah rumah tangga serta karena ulah manusia itu sendiri yang tanpa mereka sadari mereka telah meracuni tanah dan membuat tanah kehilangan fungsi dasarnya seperti kehilangan kesuburan tanah tersebut.

2. Pencemaran Air.

Air juga lama-kelamaan kini mulai tercemari oleh ulah tangan manusia itu sendiri, padahal kita tahu mengenai ketergantungan hidup kita terhadap air dan fungsinya. Dan beberapa penyebab terjadinya kerusakan atau pencemaran air juga dari ketidaksadaran manusia tentang kerusakan air yang disebabkan oleh perbuatannya sendiri.

Air kini sudah kehilangan sifat dan fungsi dasarnya, air di lingkungan kita saat ini sudah tak lagi bersih dan tak lagi sejuk karena air sudah tercemari oleh bahan-bahan kimia yang manusia gunakan seperti warna air sudah berubah karena banyaknya sampah dan limbah pabrik yang kita buang ke sana, kini air sudah mulai memiliki suhu yang relatif lebih tinggi dibanding aslinya dan ini disebabkan oleh kesalahan dan kecerobohan kita sendiri.

3. Pencemaran udara.

Udara merupakan salah satu yang paling manusia gunakan untuk tetap bertahan hidup. Bayangkan jika suatu ketika udara yang kita hirup sudah tak bisa lagi memberikan manfaatnya bagi kita, contohnya udara yang kita hirup mulai kehilangan kadar oksigen yang memang sangat diperlukan dalam tubuh kita.

Dan secara menyeluruh, terjadinya pencemaran lingkungan kita bukan karena orang lain atau faktor lainnya, melainkan semua itu terjadi karena ulah manusia itu sendiri.

Pencegahan pencemaran Lingkungan.

Untuk menghindari hal-hal yang akan terus merusak keberlangsungan hidup kita yang disebabkan oleh pencemaran, maka seharusnya kita menjaga dan mencegah kerusakan itu terjadi lagi. Dan berikut ini merupakan pencegahan terhadap pencemaran lingkungan yang harus kita terapkan dan ketahui:

1. Mengelola tempat pembuangan limbah industri.

Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kerusakan semua jenis lingkungan kita. Dan untuk menghindari itu seharusnya kita mengatur mengenai pembuangan limbah industri tersebut agar tidak sembarangan, dan hendaknya meletakkan pabrik industri di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk.

2. Melakukan penghijauan.

Untuk mengembalikan kelestarian lingkungan seperti udara yang segar, maka kita bisa melakukan penghijauan yakni dengan menanam pepohonan di pinggir jalan untuk mengurangi polusi udara.

Selain sebagai cara untuk mengembalikan udara yang bersih, penghijauan juga bermanfaat menghilangkan kadar racun di dalam tanah yang berfungsi untuk mengembalikan kesuburan tanah pada lingkungan kita.

3. Melakukan penyuluhan dan pendidikan terhadap masyarakat.

Cara ini bertujuan untuk mengembalikan dan menimbulkan kesadaran masyarakat agar hendaknya bisa menyadari betapa pentingnya setiap aspek lingkungan yang harus kita jaga.

Dengan demikian jika itu kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari maka secara otomatis akan mengurangi pencemaran lingkungan yang bisa berakibat kepada keberlangsungan hidup kita.

Dan dengan sadarnya masyarakat kita mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan maka kita tidak akan lagi menemui masalah pencemaran terhadap lingkungan dan lingkungan kita akan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>