Budayakan Hidup Sehat Dengan Memelihara Kebersihan Lingkungan

Photo by Jing, CC0 1.0.

Kita hidup di bumi ini tidak lepas dari peran lingkungan yang kita tinggali. Lingkungan yang bersih dapat menghindarkan para penghuninya dari berbagai macam bibit penyakit.

Sebaliknya, orang-orang yang tinggal di lingkungan yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya tentu saja dapat menyebabkan para penghuninya mudah terserang berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti gatal-gatal hingga penyakit yang serius.

Kebersihan lingkungan adalah keadaan dimana lingkungan tersebut bebas dari segala kotoran, seperti debu, sampah, serta bau. Setiap orang pastinya menginginkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Hanya saja, tidak banyak orang yang menyadari akan arti pentingnya lingkungan yang bersih bagi kehidupan sekarang maupun di masa mendatang. Terbukti masih banyak orang yang mengabaikan kebersihan lingkungan di sekitarnya, misalnya tidak membersihkan rumah secara rutin, kebiasaan membuang sampah sembarangan, dan masih banyak lagi.

Jika kebiasaan tersebut dibiarkan terus menerus, lingkungan akan menjadi semakin kotor dan rentan akan bibit penyakit. Tentunya kita tidak ingin penyakit tersebut menyerang kita dan orang-orang yang kita sayangi, bukan?

Cara Memelihara Lingkungan.

Ada banyak cara mudah untuk memelihara lingkungan agar tetap bersih dan sehat, antara lain:

1. Membersihkan rumah secara rutin. Kita dapat menyapu rumah dan halaman setiap hari agar selalu tampak bersih. Semua sudut rumah juga harus dibersihkan agar tidak ada debu-debu yang menempel.

Sarung bantal maupun selimut dapat dicuci paling tidak seminggu sekali. Kamar mandi juga harus dikuras secara rutin agar tidak menjadi sarang nyamuk. Sirkulasi udara dan pencahayaan di seluruh ruangan rumah juga harus diperhatikan agar rumah tidak lembab dan pengap.

2. Tidak membuang sampah sembarangan. Biasakanlah membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah pun harus dibedakan antara tempat untuk sampah organik dan tempat sampah non organik.

Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai, seperti daun-daun kering, sisa sayuran, sisa makanan, dan lain sebagainya. Sedangkan sampah non organik adalah sampah yang sulit terurai, seperti kertas, karet, kaleng, kaca dan lain sebagainya.

Tempat sampah harus disediakan di tempat-tempat yang mudah terjangkau agar masyarakat tergerak untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selain itu, tempat sampah juga harus tertutup agar bibit penyakit yang mungkin ada dalam sampah tidak menyebar.

3. Mengadakan kerja bakti secara rutin, paling tidak seminggu sekali. Kerja bakti dapat dilakukan dengan membersihkan got atau saluran air agar bebas dari sampah dan tidak menjadi sarang nyamuk. Rumput-rumput liar juga harus dibersihkan agar lingkungan tampak bersih.

4. Tidak mencemari air dengan membuang sampah maupun limbah ke sungai.

5. Menanami pepohonan di lahan-lahan kosong, agar lingkungan menjadi sejuk dan asri.

Manfaat Memelihara Kebersihan Lingkungan.

Memelihara kebersihan lingkungan adalah kewajiban kita, sebab lingkungan yang bersih dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain:

  1. Terhindar dari berbagai macam bibit penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor.
  2. Lingkungan menjadi sejuk, asri dan nyaman.
  3. Lingkungan menjadi bebas dari polusi udara.
  4. Kebersihan air menjadi terjaga dan aman untuk dikonsumsi.
  5. Lingkungan yang bersih membuat penghuninya merasa lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dengan memelihara kebersihan lingkungan. Untuk itu kita harus menyadari akan arti pentingnya kebersihan lingkungan bagi kehidupan kita. Akan lebih baik lagi jika semua orang sadar dan bertanggung jawab sepenuhnya akan kebersihan lingkungan di sekitarnya, agar tercipta kehidupan yang sehat dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>