Pemanfaatan Lingkungan Abiotik oleh Manusia

Lingkungan ada beragam jenisnya, namun seiring dengan pemanfaatan lingkungan yang banyak terjadi saat ini, membuat bahan baku atau sumber daya alam di lingkungan tersebut menjadi makin berkurang.

Salah satunya adalah Migas yang saat ini menjadi barang yang langka. Kegagalan para Tim pencari dalam mencari sumber Migas yang baru menjadi alasan mengapa material ini makin susah untuk didapatkan.

Lingkungan ini disebut sebagai lingkungan Abiotik yang fungsional. Mereka sangat penting untuk fungsinya bagi kelangsungan hidup masyarakat banyak. Lingkungan abiotik lainnya yang juga semakin langka adalah tambang emas.

Seperti yang kita ketahui bahwa dulu orang dengan mudahnya menemukan tambang emas dan mereka berusaha untuk mengeksploitasinya dengan sesuka hati, hasilnya sekarang tambang emas menjadi sesuatu yang langka pula untuk dicari.

Lingkungan Memberikan Fasilitas yang Beragam.

Fasilitas yang diberikan oleh lingkungan memang ada yang bersifat tak terbatas, contohnya air dan udara, namun ada juga fasilitas yang bersifat terbatas, contoh-contohnya telah disebutkan di penjelasan diatas.

Tentu saja orang lebih membutuhkan fasilitas yang bersifat terbatas tersebut dibandingkan yang sifatnya tak terbatas. Alasannya adalah karena material tersebut memberikan fungsi yang lebih banyak dalam menunjang hidup masyarakat saat ini. Ini tentu saja menjadi permasalahan yang cukup pelik.

Jika semakin banyak dikuras, maka sumber daya alam di lingkungan abiotik sudah pasti akan lama-lama menjadi habis. Adakah solusi untuk permasalahan ini?

Cara Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Alam.

Jawabannya tentu saja ada. Manusia dilengkapi oleh tuhan dengan otak yang cerdas dan mampu berpikir secara logis. Supaya pemanfaatan sumber daya alam abiotik tidak menjadi berlebihan, maka harus ada langkah recycle yang dilakukan untuk memanfaatkan material yang telah digunakan menjadi baru lagi.

Proses Recycle telah menjadi metode penyelamatan lingkungan yang dilakukan oleh banyak orang saat ini. Langkah tersebut juga terbukti manjur dalam membuat sumber daya alam yang hampir punah menjadi makin terkendali lagi.

Solusi lainnya yang bisa dilakukan oleh manusia adalah mencari energi pengganti yang memiliki fungsi yang sama. Ini merupakan langkah yang baik untuk menciptakan sumber energi baru tanpa harus menghabiskan yang lainnya.

Lingkungan merupakan sebuah tempat yang kaya akan fasilitas yang bisa dimanfaatkan manusia, tinggal mereka sendirilah yang harus mencari potensi dari fasilitas yang ditemukannya tersebut. Jika ternyata fasilitas yang ada itu memiliki potensi yang positif, maka tidak ada salahnya jika itu dimanfaatkan.

Contohnya adalah pemanfaatan biogas yang beberapa tahun lalu sempat trend. Biogas ini dipercaya bisa membantu untuk mengatasi permasalahan kelangkaan dan mahalnya harga BBM saat ini.

Inilah yang menyebabkan masyarakat terpacu semangatnya untuk mencari hal yang baru agar kehidupannya bisa menjadi lebih baik. Usaha-usaha semacam inilah yang harus dilakukan manusia supaya bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Lingkungan abiotik dan pelestariannya merupakan tanggung jawab kita bersama tentunya. Jangan sampai kita melakukan sesuatu yang malah bisa semakin merusak lingkungan sekitar kita. Akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai kasus pembuangan limbah yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Pembuangan limbah pabrik secara sembarangan, yang biasanya dilakukan di sungai-sungai inilah yang memicu timbulnya wabah penyakit. Bahan kimia yang dibuang di sungai juga akan berdampak negatif bagi kesehatan penduduk setampat.

Maka dari itu sebelum membuang limbah di sungai, alangkah baiknya jika dilakukan penyaringan limbah terlebih dahulu. Jadi dipastikan terlebih dahulu limbah yang dibuang tersebut benar-benar memberikan dampak yang positif atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>