Berbagai Upaya yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan

Photo by specksinsd, CC BY-NC 2.0.

Menjaga kelestarian lingkungan adalah suatu kewajiban bagi setiap anggota masyarakat dan tentu saja, ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Bagaimana tidak, jika Anda ingin turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan, Anda bisa mulai dengan turut serta dalam menjaga kelestarian tanah, hutan, maupun udara dan tentu saja, Anda juga bisa turut serta dalam mempertahankan kelestarian laut dan pantai.

Ada banyak sekali upaya yang bisa Anda coba lakukan jika Anda ingin turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan tidak peduli di sektor apapun. Jika Anda peduli terhadap kelestarian lingkungan dan Anda ingin menjaganya, berikut adalah upaya-upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan yang kita tinggali saat ini.

Upaya-upaya Pelestarian Tanah dan Udara.

Tanah, tak diragukan lagi, merupakan salah satu elemen paling penting dalam lingkungan mengingat tanah merupakan tempat semua makhluk hidup tinggal baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin tinggal di lingkungan yang terjamin kesehatannya, menjaga kelestarian tanah adalah salah satu hal paling penting yang wajib Anda lakukan.

Untuk menjaga kelestarian tanah, upaya yang bisa Anda lakukan yaitu, misalnya, melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kosong, membuat terasering untuk mencegah erosi, dan berbagai upaya lainnya. Jika Anda ingin menjaga kelestarian lingkungan, tentu saja pelestarian tanah bukan lah satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan.

Untuk menjaga kelestarian lingkungan, selain melakukan berbagai upaya pelestarian tanah, Anda juga harus melakukan pelestarian udara. Hal ini mengingat udara merupakan elemen yang vital bagi kehidupan kita dan tentu saja, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelestarian udara.

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanam pohon atau tanaman hias mengingat tanaman mampu menyerap berbagai jenis gas yang berbahaya bagi manusia. Upaya lain yang bisa Anda lakukan yaitu menggalakkan pengurangan emisi serta mengurangi pembuangan gas-gas sisa pembakaran.

Untuk menjaga kelestarian udara, Anda juga harus menghindari penggunaan gas kimia yang diketahui dapat merusak lapisan ozon seperti gas Freon yang digunakan dalam kulkas dan AC serta berbagai jenis produk kosmetik.

Berbagai Upaya Pelestarian Hutan dan Laut Serta Pantai.

Jika Anda ingin turut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan yang kita tinggali saat ini, maka Anda juga harus mengetahui berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan hutan.

Untuk melestarikan hutan, upaya yang bisa kita lakukan meliputi reboisasi, penerapan sistem tebang pilih dalam menebang pohon, serta penerapan sistem tebang tanam dalam setiap aktivitas penebangan hutan.

Untuk menjaga kelestarian pohon, Anda juga bisa melakukan pelarangan terhadap kegiatan pembabatan hutan yang dilakukan secara sewenang-wenang serta bekerjasama dengan pihak yang berwenang untuk menerapkan sanksi-sanksi yang berat bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran terhadap ketentuan menyangkut pengelolaan hutan.

Selain kelestarian hutan, kelestarian laut dan pantai juga merupakan sesuatu yang penting mengingat laut dan pantai adalah salah satu bagian lingkungan yang paling utama.

Untuk menjaga kelestarian laut dan pantai, Anda bisa melakukan reklamasi pantai, melarang pengambilan koral atau batu karang baik di dasar laut maupun di sekitar pantai, serta melarang pemakaian racun dalam perburuan ikan.

Melestarikan flora serta fauna laut dan melarang perburuan liar juga termasuk salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kelestarian laut serta pantai. Singkat kata, jika Anda ingin turut serta dalam kegiatan pelestarian lingkungan, ada berbagai upaya yang bisa Anda coba lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>