Buat dan Tulis File PHP

Tutorial kali ini akan membahas cara membuat sebuah file di server menggunakan PHP kemudian mengisi file tersebut dengan tulisan.

Menggunakan parameter mode [w]

Code fopen() function bisa digunakan untuk membuka maupun membuat file.

Jika file yang ingin dibuka tidak ditemukan maka fopen() function akan membuat sebuah file baru dengan nama sama dengan file yang ingin dibuka tersebut. Sehingga fopen() function bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah file.

Code berikut ini berguna untuk membuat file kemudian mengisi file tersebut dengan tulisan:

Code PHP 1:

<?php
$buat_file = fopen("filebaru.txt", "w");
$data_baru = "Motor\n";
fwrite($buat_file, $data_baru);
$data_baru = "Mobil\n";
fwrite($buat_file, $data_baru);
fclose($buat_file);
?>

Pada code di atas kita membuat sebuah file text bernama [filebaru.txt] menggunakan fopen() function. Lihat syntax fopen() function berikut ini:

fopen(nama_file, mode)

Code fopen() function membutuhkan dua buah parameter didalamnya yaitu nama file yang ingin dibuka dan parameter [mode]. Parameter [mode] berguna untuk menentukan proses yang akan dilakukan terhadap file yang dibuka oleh fopen() function.

Pada code di atas kita menggunakan fopen() function dengan parameter mode [w]. Parameter mode [w] artinya bila sudah ada data dalam file maka data yang ada dalam file tersebut akan terhapus.

Untuk mengisi file dengan tulisan, kita menggunakan fwrite() function. Pada code di atas kita mengisi file [filebaru.txt] dengan tulisan sebanyak dua kali menggunakan fwrite() function. Lihat syntax fwrite() function berikut ini:

fwrite(file, string)

Parameter [file] adalah file yang sudah dibuka oleh fopen() function sedangkan parameter [string] adalah text yang akan dimasukkan ke dalam file.

Code \n yang ada pada contoh di atas adalah code new line. Code new line \n memiliki fungsi yang hampir sama dengan tag HTML <br />. Perbedaannya adalah code new line \n berguna bila outputnya adalah file atau database dan bukannya browser.

Code new line \n adalah code yang digunakan oleh server dengan system operasi Unix. Gunakan code \r\n untuk server dengan system operasi Windows dan gunakan code \r untuk server dengan system operasi Macintosh.

Berikut ini adalah isi dari file [filebaru.txt] setelah code di atas dijalankan:

Motor
Mobil

Menggunakan parameter mode [a]

fopen() function dengan parameter mode [a] artinya bila sudah ada data dalam file maka data yang ada tersebut tidak akan dihapus dan data baru akan ditambahkan setelah data lama.

Biasanya teknik ini digunakan untuk berbagai macam file log dalam menyimpan berbagai macam catatan seperti data visitor dan data error.

Misalkan saja kita memiliki file text [makanan.txt] yang berisi seperti di bawah ini:

Apel
Jambu

Selanjutnya kita akan menambahkan beberapa data ke dalam file [makanan.txt] menggunakan code dibawah ini:

Code PHP 2:

<?php
$buka_file = fopen("makanan.txt", "a");
$data_baru = "Mangga\n";
fwrite($buka_file, $data_baru);
$data_baru = "Melon\n";
fwrite($buka_file, $data_baru);
fclose($buka_file);
?>

Berikut ini adalah isi dari file [makanan.txt] setelah code di atas dijalankan:

Apel
JambuMangga
Melon

File permission

Pada server ada program yang dinamakan CHMOD. CHMOD ini yang mengatur setelan file permission.

Jika kamu menjalankan code di atas dan terjadi error, coba periksa setelan file permission pada server. Ada kemungkinan error terjadi karena CHMOD tidak mengijinkan PHP untuk membuat sebuah file baru.

Mengenai CHMOD ini akan dibahas lebih mendalam pada tutorial yang akan datang.

File truncate

Saat kita membuka sebuah file untuk diedit menggunakan fopen() function dengan [w] mode maka saat itu data yang ada dalam file tersebut akan terhapus. Peristiwa ini dinamakan file truncate. Secara bahasa truncate artinya adalah memendekkan.

Metode ini biasanya digunakan untuk temporary file. Temporary file yaitu file yang digunakan hanya untuk menyimpan data sementara saja.

Misalkan saja kamu sedang membuat postingan menggunakan blog berbasis WordPress. Postingan ini akan disimpan sementara secara otomatis dalam sebuah file setiap lima menit. File ini setiap lima menit akan terhapus dan digantikan dengan file yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>