Pengenalan PHP

Penjelasan program PHP

Buat para pecinta blog berplatform WordPress tentu sudah tidak asing lagi dengan PHP karena PHP adalah mesin yang menggerakkan WordPress. Dengan mengerti dan memahami PHP maka kita bisa mendesain kembali website maupun blog yang kita miliki sesuai dengan keinginan.

PHP sendiri adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor. Berdasarkan keterangan dari website PHP.net, PHP adalah bahasa script yang merupakan gabungan dari beberapa bahasa komputer lain semisal C, Java dan Pearl dengan tambahan beberapa code original dari PHP sendiri.

Tujuan sebenarnya dari dibuatnya PHP adalah supaya web developer dapat membuat website lebih mudah karena bahasa PHP lebih sederhana dari bahasa lainnya.

Berikut ini adalah cara kerja PHP dalam sebuah website:

Saat visitor mengunjungi sebuah web page, web server akan memproses code PHP untuk menentukan apa saja yang harus diberikan kepada visitor.

Code PHP dalam bentuk script kemudian diterjemahkan menjadi code HTML dan dikirimkan ke browser visitor. Browser visitor kemudian mengubah code HTML menjadi website.

Keistimewaan program PHP

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan PHP:

  • PHP bisa digunakan secara gratis.
  • PHP lebih mudah dipelajari dan lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.
  • Mengurangi waktu untuk mendevelop sebuah website besar yang biasanya butuh waktu lama karena bahasa PHP lebih sederhana daripada bahasa pemrograman lainnya.
  • PHP support penggunaan database.
  • PHP bisa digunakan oleh hampir semua jenis server (Apache dan IIS).
  • Perkembangan PHP sangat cepat karena banyaknya pemakai PHP. Perkembangan PHP ini diiringi dengan beredarnya tools-tools untuk memudahkan web developer. Lihat website PHP ini untuk mencoba script keren yang sudah mereka buat.
  • Bisa digunakan untuk membuat script online shop.

Catatan

Sebelum mempelajari PHP, kamu sudah harus mengerti mengenai HTML (syntax dan terutama adalah HTML forms), CSS dan JavaScript.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>