Prompt JavaScript

Biasanya pada webpage jaman dulu kita akan diberi pesan yang muncul untuk menanyakan nama. Setelah itu akan ada pesan yang muncul memberi salam [Selamat datang namamu!].

Prompt function JavaScript banyak dipakai pada jaman dulu sekitar tahun 90an. Sekarang sudah tidak ada lagi yang memakainya.

Tujuan dari memakai code ini adalah untuk mengumpulkan informasi dari visitor sehingga informasi tersebut bisa digunakan pada webpage.

Contoh prompt function

Prompt function tidaklah begitu banyak berguna. Dibawah ini kita akan menggunakan prompt untuk meminta nama visitor lalu kita akan menggunakan alert function menampilkan pesan yang berisi nama visitor tersebut.

Code HTML dan JavaScript prompt:

<head>
<script type="text/javascript">
function prompter() {
var reply = prompt("Halo orang asing! Siapa namamu?")
alert ( "Senang bertemu denganmu " + reply + "!")
}
</script>
</head>
<body>
<input type="button" onclick="prompter()" value="Berikan namamu!">
</body>

Hasil code HTML dan JavaScript prompt:


Resume prompt

Menggunakan prompt function memang merupakan cara cepat dalam mengumpulkan informasi. Tetapi code prompt ini terlalu sederhana.

Cara paling efektif dalam mengumpulkan informasi adalah dengan menggunakan form HTML. Dan jika kamu ingin menggunakan informasi yang sudah kamu kumpulkan, maka kamu bisa menggunakan PHP untuk mengerjakan tugasmu lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>