Upaya pelestarian lingkungan

Di masa sekarang memang sudah sangat sulit untuk bisa mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat di sekitar masyarakat. Kebiasan buruk yang bukannya di hentikan justru semakin hari semakin berkembang.

Contoh, untuk menjaga lingkungan sungai yang bersih pemerintah sudah berupaya dengan dipasangnya tulisan “jangan buang sampah di sungai”, tapi tulisan seperti itu saja belum optimal. Terbukti banyak sekali sampah-sampah yang dibuang disungai. Padahal disungai tersebut juga dugunakan untuk mandi, mencuci dan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

Tetapi dengan adanya sampah-sampah yang mencemari kebersihan sungai tersebut yang dirugikan juga masyarakat itu sendiri. Lingkungan sungai menjadi kotor dan tidak baik untuk kesehatan masyarakat, dan yang paling bahaya dengan banyaknya sampah yang dibuang disungai adalah bisa menyebabkan banjir.

Pemerinitah perlu tegas dalam menjaga lingkungan, tapi masyarakat juga harus membantu bekerjasama dengan pemerintah agar terciptanya lingkungan yang baik dan sehat untuk masyarakat itu sendiri. Masyarakat sendiri juga harus mengetahui bahwa lingkungan yang berada di sekitar mereka adalah tanggung jawab mereka juga.

Faktor-faktor penyebab kerusakan lingkungan.

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan di sekitar masyarakat. Faktor yang pertama adalah kerusakan lingkungan karena alam. Kerusakan ini terjadi karena adanya bencana alam dan merusak lingkungan di sekitar masyarakat.

Meletusnya gunung berapi yang mengeluarkan lahar yang membakar semua yang dilewatinya dan setelah dingin akan menjadi batu berukuran besar yang bisa mengganggu kestabilan lingkungan, awan panas yang menghancurkan dan lahar dingin yang merusak lingkungan sekitar gunung tersebut.

Faktor penyebab kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh alam ini memang tidak diduga dan dikendalikan oleh manusia. Tetapi setelah terjadi bencana-bencana yang merusak lingkungan, masyarakat dan pemerintah harus segera untuk membenahi lingkungan tersebut agar lingkungan terjaga dengan baik.

Faktor kedua adalah kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia itu sendiri. Banyak sekali manusia yang acuh tak acuh dengan lingkungan sekitar mereka. Mereka tidak sadar bahwa hidup yang mereka peroleh sekarang tidak lepas dari adanya lingkungan.

Bahkan para manusia ini menghancurkan lingkungan hanya demi kepentingan diri mereka sendiri. Lingkungan hutan yang bisa berfungsi sebagai pelindung saat banjir datang dan penyedia air bersih mereka gunduli dan hasilnya dijual untuk kebutuhan mereka sendiri tanpa memikirkan kelangsungan lingkungan yang telah mereka lakukan.

Dengan kemajuan jaman, manusia semakin hari semakin membutuhkan tempat memenuhi kebutuhan mereka. Manusia mulai menggusur lingkungan perkebunan dan pertanian untuk dijadikan mall-mall, perumahan dan gedung-gedung bertingkat.

Manusia juga secara besar-besaran membuat pabrik dan industri untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari tanpa memikirkan limbah-limbah yang dihasilkan pabrik dan industri yang mencemari lingkungan sekitar mereka.

Upaya yang harus dilakukan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Memang semua manusia mempunyai kebutuhan sendiri-sendiri dalam hidup mereka. Dan mereka berhak untuk memanfaatkan lingkungan tersebut untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Tapi lebih bijak lagi jika lingkungan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut juga dijaga keadaanya supaya bisa berlangsung secara terus menerus dan dapat digunakan untuk anak cucu kita nantinya.

Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga lingkungan. Salah satunya adalah penanaman kembali hutan-hutan yang ditelah ditebang, atau dengan tebang pilih yang membuat lingkungan hutan terjaga.

Untuk menangani limbah-limbah industri dan pabrik, limbah tersebut harus dibuang di tempat yang aman atau dikelola lagi agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Masyarakat harus menyediakan tempat sampah yang memadai agar sampah-sampah tidak dibuang kesungai. Dengan lingkungan yang sehat dan bersih maka kelangsungan hidup masyarakat pun dijamin sehat dan bersih juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>