Void 0 JavaScript

Kita mengetahui bahwa yang dimaksud dengan hyperlinks itu adalah seperti ini. Sebuah link yang jika kita klik dan nantinya akan ada page baru.

Namun ada teknik lainnya dalam hyperlinks yaitu ketika sebuah hyperlinks diklik maka webpage yang ada akan diupdate dengan informasi yang baru tanpa loading page baru. Teknik ini dinamakan Void 0. Kali ini kita akan bahas dasar-dasar dari teknik Void 0.

Menjalankan JavaScript langsung pada browser

Web browser semacam chrome dan yang lainnya mengijinkan kita untuk mengeksekusi code JavaScript langsung pada alamat URL browser. Caranya adalah dengan menuliskan JavaScript: sebelum code untuk memberitahui browser bahwa kita akan menjalankan JavaScript.

Sebagai contoh, coba tuliskan code dibawah ini pada bagian alamat URL browser yang kamu punya, tekan enter dan lihat apa yang terjadi.

javascript:alert("Belajar JavaScript di bangjuju.com")

Teknik ini sangat berguna bagi para pengguna JavaScript karena kamu bisa membuat hyperlinks yang mengandung statement seperti diatas. Artinya kamu bisa menghilangkan kemampuan hyperlinks untuk meloncat ke halaman baru dan menjalankan sebuah script pada halaman yang ada.

Teknik seperti ini bisa kita lihat pada email service seperti Gmail atau Yahoo. Saat menggunakan Gmail kita menemukan banyak hyperlinks walaupun begitu tidak banyak terjadi perubahan alamat URL.

Dibawah ini adalah satu contoh sederhana link yang tidak membuat membuat loading page baru.

Code JavaScript void:

<a href="javascript: alert('News Flash!')">News Flash</a>

Hasil code JavaScript void:

News Flash

Penjelasan void 0

Webrowser akan mengeksekusi semua URL yang diberikan dan akan memuat page baru. Salah satu alasan kenapa kita bisa menggunakan JavaScript alert statement tanpa memuat page baru adalah karena alert adalah sebuah function yang menghasilkan null value.

Artinya saat browser mencoba memuat page baru, browser tersebut melihat bahwa page yang akan dimuat memiliki null value sehingga tidak ada yang perlu dimuat.

Yang perlu diperhatikan dari pengertian di atas yaitu jika kita menggunakan JavaScript statement sebagai URL yang menghasilkan sebuah value maka browser akan memuat page baru.

Untuk menghindari supaya browser tidak loading page baru maka kita membutuhkan void function yang selalu menghasilkan null value dan tidak memuat page baru.

Contoh void 0

Void adalah sebuah operator yang selalu menghasilkan null value sehingga browser tidak bisa loading page baru. Perlu dicatat bahwa void operator selalu membutuhkan value dan tidak bisa digunakan secara mandiri.

Dibawah ini adalah contoh sederhana dari penggunaan void yang membatalkan browser untuk memuat page baru.

Code JavaScript void 0:

<a href="javascript: void(0)">I am a useless link</a>

Hasil code JavaScript void 0:

I am a useless link

Dibawah ini adalah teknik menggunakan void operator yang menghasilkan value. myNum adalah sebuah variable yang kita atur valuenya menjadi 10. Lalu kita menggunakan variable yang sama pada alert operation.

Code JavaScript void value:

<a href="javascript: void(myNum=10);alert('myNum = '+myNum)">Set myNum Please</a>

Hasil code JavaScript void value:

Set myNum Please

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>